SYARAT DAN KETENTUAN LAYANAN PINJAM MEMINJAM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI KLIKCAIR

Selamat datang di KlikCair. Terima kasih telah mengunjungi situs https://www.klikcair.com. Berikut adalah Syarat dan Ketentuan layanan pinjam meminjam uang pada KlikCair yang memuat peraturan dan ketentuan yang secara otomatis mengikat Anda ketika Anda melakukan aktivitas-aktivitas seperti berkunjung, mengunduh aplikasi, mendaftar sebagai Pengguna, melakukan transaksi pinjam meminjam, atau aktivitas lain yang disediakan oleh KlikCair.

Anda diharapkan untuk membaca secara seksama seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan untuk memahami batasan-batasan hak dan kewajiban Anda sebagai Pengguna KlikCair. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan dengan mengakses dan/atau menggunakan Layanan yang ada di dalam situs https://www.klikcair.com, Anda setuju bahwa Anda telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini dan setuju untuk terikat secara hukum oleh Syarat dan Ketentuan ini dan dokumen-dokumen lain yang sehubungan dengan hal tersebut.

  1. Tentang Kami
    KlikCair adalah PT Klikcair Magga Jaya yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia dan beralamat di Business Park Kb. Jeruk, Blok I-17, Jl. Meruya Ilir Raya No.88, Kel, RT.1/RW.5, Meruya Utara, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620 bergerak sebagai penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi yang menyediakan Platform KlikCair untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman, dimana Platform KlikCair akan bertindak sebagai penyedia, pengelola dan pengatur transaksi pemberian fasilitas pinjaman kepada Penerima Pinjaman yang sumber dananya berasal dari pihak Pemberi Pinjaman.
  2. Definisi
    1. Banners adalah sebuah media promosi berupa iklan dalam bentuk tulisan atau gambar yang dipasang dalam sebuah web pages dan mengandung tautan yang akan menuntun user/pengguna internet ke web pages yang dituju atau yang diiklankan.
    2. Cookies adalah file data yang ditulis ke dalam hard disk komputer user/pengguna internet yang dilakukan oleh web server dengan tujuan untuk mengidentifikasikan user pada web pages tersebut, sehingga sewaktu user kembali mengunjungi halaman web tersebut dapat segara dikenali oleh halaman web.
    3. KlikCair adalah peer to peer lending platform yang berbasis teknologi finansial yang dibuat dan dioperasikan oleh PT Klikcair Magga Jaya (Penyelenggara Layanan) sebagai Penyelenggara yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan KlikCair.
    4. Escrow Account adalah rekening yang dibuka secara khusus untuk tujuan tertentu guna menampung dana yang dipercayakan kepada Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang berbasis Teknologi Informasi.
    5. Fintech Lending adalah Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.
    6. IP Address (Internet Protocol Address) adalah sebuah alamat yang terdiri dari deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit pada komputer yang digunakan untuk saling menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain dalam jaringan internet.
    7. Java Applets adalah sebuah program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang diakses melalui web pages.
    8. Layanan adalah jasa penyediaan ruang yang disediakan oleh PT Klikcair Magga Jaya pada suatu platform untuk mempertemukan antara Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman
    9. Malware adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk menyusup dan merusak sistem komputer.
    10. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah lembaga yang berfungsi untuk menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.
    11. Penerima Pinjaman adalah orang dan/atau badan hukum yang memiliki maksud untuk meminjam uang atau utang kepada Pemberi Pinjaman melalui KlikCair.
    12. Pemberi Pinjaman adalah orang, badan hukum dan/atau badan usaha yang memiliki maksud untuk memberikan pinjaman atau piutang kepada Penerima Pinjaman melalui KlikCair.
    13. Pengguna adalah Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman yang menggunakan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
    14. Platform adalah kombinasi antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software yang memungkinan sebuah aplikasi atau program dapat berjalan.
    15. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan (service)tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
    16. SSL Technology (Secure Socket Layer) adalah sebuah standar teknologi yang digunakan untuk mengamankan semua bentuk transaksi dan transmisi data seperti informasi kartu kredit, nama pengguna dan password account pengguna internet melalui halaman web.
    17. Rekening Dana Lender adalah rekening yang dibuka oleh Bank atas nama Pemberi Pinjaman yang telah dikuasakan kepada Penyelenggara untuk melakukan penyalurannya.
  3. Syarat dan Ketentuan Umum
    1. Untuk menggunakan platform ini, Pengguna wajib membuka akun yang disediakan oleh platform ini.
    2. Pengguna platform ini wajib berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah, dibuktikan dengan KTP.
    3. Pengguna tidak menggunakan platform untuk kegiatan yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan platform.
    5. Pengguna akan dikenakan biaya perpajakan yang timbul sebagai akibat dari penggunaan platform ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Tata Cara Penggunaan Platform
    1. Registrasi Akun pada website/aplikasi KlikCair.
    2. Memberikan data yang akurat, dan tidak menyesatkan, serta memperbarui informasi jika terdapat perubahan data pribadi.
    3. Mengisi data pribadi pada laman yang disediakan oleh KlikCair antara lain meliputi: nama, tempat dan tanggal lahir, alamat tempat tinggal, alamat email, nomor telepon, dan riwayat pekerjaan.
    4. Mengunggah nomor beserta foto KTP/Passpor, NPWP dan dokumen identitas lainnya sebagaimana dipersyaratkan oleh KlikCair.
    5. Pengguna menjaga kerahasiaan keamanan password dan ID akunnya yang didaftarkan pada platform ini.
    6. Pengguna bertanggung jawab atas segala informasi yang diberikan kepada KlikCair.
    7. Pengguna bertanggung jawab atas penggunaan serta segala tindakan yang dilakukan melalui akun pengguna pada KlikCair.
    8. Pengguna menyetujui seluruh perjanjian atau ketentuan yang disediakan KlikCair secara online.
    9. Menggunakan platform dengan itikad baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    10. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa tidak ada materi apapun yang disampaikan atau ditampilkan pada platform KlikCair melalui akun Pengguna yang menyalahi hak- hak dari pihak ketiga manapun, termasuk hak cipta, merek, dagang, publisitas, ataupun hak-hak kepemilikan atau pribadi lainnya, atau mengandung fitnah, penipuan, diskriminasi SARA, pencemaran nama baik dan atau materi lain yang melanggar hukum.
  5. Layanan KlikCair
    1. KlikCair memberikan layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi yang menghubungkan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman.
    2. KlikCair menyediakan layanan pengaduan Pengguna berupa call center dan conversation room pada platform KlikCair.
    3. Memberikan notifikasi terkait dengan Layanan dan/atau platform, apabila diperlukan.
  6. Pernyataan, Jaminan, dan Indemnifikasi
    1. KlikCair berkomitmen penuh untuk memenuhi ketentuan-ketentuan dalam Peraturan OJK dan peraturan lainnya yang berlaku yang mengatur mengenai Fintech Lending.
    2. Pengguna dapat mengunduh atau menyimpan Syarat dan Ketentuan ini dalam bentuk PDF atau versi lain yang disediakan oleh KlikCair untuk menghindari adanya keraguan atau ketidakjelasan dalam rangka mematuhi dan memahami setiap ketentuan didalamnya. Pengguna wajib segera menghubungi pihak perwakilan KlikCair pada pusat pengaduan Pengguna yang disediakan oleh KlikCair seperti Conversation Room atau Call Center dalam hal terdapat masalah, kegagalan, gangguan dan hambatan dalam mengunduh Syarat dan Ketentuan ini, dan dalam hal terjadi masalah dalam proses penggunaan plaftorm KlikCair.
    3. Pengguna tidak akan memberikan alamat email yang salah/palsu serta menggunakan nama dan data/informasi orang lain.
    4. Pengguna memberikan persetujuan dan mengizinkan KlikCair untuk menggunakan segala Infromasi yang Pengguna berikan termasuk informasi pribadi untuk pengiriman informasi dan promosi email kepada Pengguna.
    5. Pengguna dianggap telah paham dan mengerti tanpa paksaan terhadap setiap substansi atau isi dari Syarat dan Ketentuan dan Pengguna tidak memiliki alasan untuk tidak memperhatikan atau mengacuhkan isi dari Syarat dan Ketentuan ini, karena telah diberikan hak oleh KlikCair untuk mengunduh dan menyimpan Syarat dan Ketentuan ini.
  7. Lisensi Platform

    -

  8. Pemutusan Kontrak
    1. Pemutusan Kontrak Oleh KlikCair
      KlikCair dapat secara mandiri atau atas diskresinya untuk memutuskan kontrak dengan Pengguna dikarenakan telah terjadi wanprestasi atau pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan Penggunaan platform KlikCair atau pemutusan kontrak ini dapat juga terjadi atas permintaan penegak hukum karena alasan apapun sehubungan dengan penegakan hukum yang berlaku. Pemutusan kontrak oleh KlikCair dilakukan dengan cara Pengguna tidak lagi dapat mengakses akun, tidak dapat menggunakan Layanan dan/atau platform KlikCair.
    2. Pemutusan Kontrak Oleh Pengguna
      Pengguna dapat memutuskan kontrak dengan KlikCair dengan cara memberikan notifikasi tertulis kepada kami dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja. Selanjutnya KlikCair akan menonaktifkan akun Pengguna.
    3. Pasal 1266 KUHPerdata
      KlikCair dan Pengguna sepakat bahwa pemutusan kontrak ini tidak memerlukan persetujuan atau keputusan dari Hakim/Pengadilan sebgaimana dimaksud Pasal 1266 KUHPerdata.
  9. Batasan Tanggung Jawab dan Disclaimer
    1. Jasa penyelenggaraan, sistem elektronik dan materi yang disediakan oleh KlikCair bersifat ilustrasi semata dan tidak bisa dimintakan pertanggungjawaban atas akurasinya. Semua data dan/atau informasi yang disediakan dalam layanan ini hanya bersifat informatif. KlikCair tidak memberikan jaminan dalam bentuk apapun terhadap kebenaran informasi yang diberikan baik secara implisit maupun secara langsung dan dinyatakan dalam layanan.
    2. Isi dan materi yang tersedia pada situs ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan tidak dianggap sebagai sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran, maupun rekomendasi untuk Pendanaan. Platform dan produk mungkin berisi link dan atau referensi ke situs web pihak ketiga dan/atau konten. KlikCair tidak bertanggung jawab untuk situs web pihak ketiga dan atau konten tersebut.
    3. Segala informasi yang diberikan KlikCair sesuai dengan ketentuan UU No. 11 Tahun 2008 jo. UU No. 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, dan Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
    4. KlikCair menyediakan layanan yang menghubungkan pihak yang memberikan pinjaman dan pihak yang membutuhkan pinjaman meliputi pendanaan dari individu, organisasi, badan usaha, maupun badan hukum kepada individu atau badan usaha. KlikCair tidak menyediakan segala bentuk saran atau rekomendasi Pendanaan terkait pilihan-pilihan dalam situs ini.
    5. Pendanaan dan/atau pinjaman yang ditempatkan di rekening KlikCair dan/atau pihak ketiga lain yang ditunjuk KlikCair tidak akan dianggap sebagai simpanan yang diselenggarakan oleh KlikCair sebagaimana diatur dalam peraturan perundangundangan dibidang Perbankan di Indonesia.
    6. Dengan mendaftar/membuat akun atau menggunakan platform untuk melihat kesempatan Pendanaan, Pengguna menyatakan berhak dan sah untuk melihat kesempatan Pendanaan dimaksud, Pengguna adalah Pemberi Pinjaman dan Penerima Pinjaman yang sah dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan dalam platform ini tidak terkecuali.
  10. Force Majeure
    1. KlikCair tidak bertanggung jawab atas putusnya kinerja sistem sebagai akibat dari adanya hal-hal yang di luar kendali KlikCair, seperti kecelakaan yang tidak dapat dihindari, gempa bumi, banjir, tanah longsor, letusan gunung berapi, epidemi, kebakaran, perang, huru-hara, revolusi, kekacauan yang disebabkan oleh keadaan ekonomi, politik, sosial, pemberontakan, perubahan pemerintah secara inkonstitusional, perubahan peraturan perundang-undangan dan perubahan kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dan moneter secara langsung mempengaruhi pihak KlikCair, masalah utilitas publik (termasuk listrik, telekomunikasi atau kegagalan jaringan internet) terlepas dari kemungkinan bahwa situasi-situasi itu dapat diramalkan;
    2. Tidak ada pihak yang bertanggung jawab atas putusnya kinerja sistem sebagai akibat dari adanya hal-hal yang diakibatkan oleh peristiwa keadaan memaksa tersebut;
    3. KlikCair akan melakukan semua hal yang dimungkinkan untuk mengatasi putusnya kinerja sistem dan meminimalkan akibat dari keadaan memaksa / force majeure tanpa mengabaikan hak-hak masing-masing pihak yang terdapat dalam syarat dan ketentuan ini dalam bentuk apapun.
  11. Ketentuan Umum
    1. Tidak Ada Pengesampingan
      Tidak ada kegagalan untuk melaksanakan atau penundaan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini, suatu hak, kuasa atau perbaikan oleh salah satu pihak sebagaimana berdasarkan hukum yang berlaku atau Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini, yang dapat mengakibatkan adanya pengesampingan atas hak, kuasa atau perbaikan berdasarkan hukum atau dalam Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini, atau mengurangi hak, kuasa atau perbaikan tersebut. Tidak ada satu atau sebagian pelaksanaan hak, kuasa atau perbaikan dapat menghindari atau mengurangi pelaksanaan atau pelaksanaan lanjutan dari hak, kuasa atau perbaikan tersebut berdasarkan hukum atau Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini.
    2. Keterpisahan
      Apabila kapanpun terdapat ketentuan dari Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini yang terbukti menjadi ilegal, tidak sah, maupun tidak dapat dilaksanakan, legalitas, keabsahan, pelaksanaan dari ketentuan yang lain tidak akan dalam hal apapun terpengaruh atau terkurangi karenanya, dan para pihak akan segera membuat perubahan yang, beserta ketentuan lainnya yang masih tersisa, akan menimbulkan kewajiban dan hak para pihak mendekati serupa dengan ketentuan yang telah dinyatakan ilegal, tidak sah dan tidak dapat dilaksanakan tersebut.
    3. Hak Pihak Ketiga
      Pihak ketiga yang bukan merupakan pihak dalam Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini tidak tunduk pada ketentuan yang diatur disini atau dengan kata lain tidak ada ketentuan yang dapat memberikan hak untuk mengalihkan tanggung jawab Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga.
    4. Hukum yang Berlaku dan Yurisdiksi
      Syarat dan Ketentuan penggunaan Platform dan Layanan tunduk, diatur, dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Kesatuan Republik Indonesia. Segala bentuk sengketa yang mungkin timbul akan diselesaikan di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) berdasarkan ketentuan dan prosedur BANI.
    5. Injuctive Relief
      Dalam hal terjadi risiko/kerugian yang bersifat monetary (monetary damages), maka KlikCair memiliki hak untuk melakukan setiap tindakan untuk memulihkan (remedy) termasuk melakukan injunctive relief, jika diperlukan.
    6. Ganti Rugi
      1. Pengguna mengakui dan menyetujui untuk membebaskan KlikCair, afiliasinya, pemegang sahamnya, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, vendor dari dan atas segala bentuk tuntutan dan tanggung jawab, serta pemintaan atau pernyataan atas kerugian yang mungkin timbul dari penggunaan Layanan yang diakibatkan baik secara langsung atau tidak langsung oleh segala gangguan, penghapusan, maupun kerusakan jaringan komunikasi di platform KlikCair; dan
      2. Pengguna menyetujui untuk membebaskan KlikCair atas segala ganti rugi dan atau pertanggungjawaban terhadap pelanggaran Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh KlikCair yang dilakukan oleh Pengguna, kelalaian atau kegagalan Pengguna dalam menjalankan transaksi pada platform KlikCair, serta terhadap Pendanaan dalam transaksi pinjam meminjam yang melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku seperti tindak pidana korupsi maupun tindak pidana pencucian uang.
    7. Amandemen
      KlikCair akan senantiasa mengkaji kecukupan Syarat dan Ketentuan ini. KlikCair berhak untuk melakukan amandemen atas Syarat dan Ketentuan ini setiap saat. Setiap perubahan yang kami buat akan dimuat dalam platform.
    8. Perbaikan Kesalahan
      Segala bentuk kesalahan pengetikan, tata Bahasa, penerimaan, invoice atau dokumen lain oleh KlikCair disepakati akan diperbaiki oleh KlikCair dan tidak akan menimbulkan kewajiban atau pertanggungjawaban hukum atau financial.
    9. Mata Uang
      Mata uang yang dipergunakan untuk transaksi menggunakan Layanan platform ini adalah Rupiah.
    10. Bahasa
      Bahasa yang dipergunakan dalam Layanan dan/atau Platform ini adalah Bahasa Indonesia, namun KlikCair akan menyediakan versi Bahasa Inggris. Jika terdapat perbedaan terjemahan/arti maka yang berlaku adalah Bahasa Indonesia.
    11. Keseluruhan Perjanjian
      Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini (beserta seluruh dokumen yang disebut di sini atau dibuat secara serentak oleh para pihak sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini) merupakan keseluruhan kesepakatan antara para pihak dan mengesampingkan segala kesepakatan yang ada sebelumnya atau pengaturan antara mereka sehubungan dengan hal yang menjadi pokok Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan, dengan ini dinyatakan pula bahwa tidak ada perubahan atas Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini yang akan berlaku efektif kecuali sesuai ketentuan 10.5 Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini.
    12. Binding dan Conclusive
      Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa setiap catatan/rekaman termasuk rekaman telepon terkait Layanan jika ada, akan disimpan oleh KLIKCAIR atau service provider KLIKCAIR terkait dengan Layanan dan/atau Platform. Pengguna dengan ini menyetujui bahwa seluruh catatan/rekaman dimaksud diterima sebagai bukti dan Pengguna tidak akan mengajukan tuntutan atau sengketa atas penerimaan, keandalan, keakuratan atau keaslian dari rekaman dimaksud yang dibuat dalam bentuk elektronik atau sistem komputer lainnya, dan Pengguna dengan ini juga mengesampingkan hakhaknya, jika ada, untuk berkeberatan.
x
x